Seputar Cara adalah blog khusus membahas tips trik ataupun cara efektif mulai dari kesehatan, kecantikan alami, wisata, keuangan, bisnis, traveling dan lainnya


Sabtu, 21 Mei 2016

Tips Sehat Membaca Buku Novel Versi E-Book untuk Mata Anda

Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan sebenarnya bisa didapatkan dengan rajin membaca, bahan bacaan apapun memiliki nilai edukasi tersendiri, sayangnya di Indonesia sendiri masih jarang masyarakat yang berminat terhadap bahan bacaan, kebanyakan mereka lebih senang jenis tayangan secara langsung sebagai sarana hiburan dibandingkan dengan membaca. Padahal jika dilihat manfaat dari membaca sendiri tak hanya menambah edukasi melainkan juga menyehatkan otak, dengan cukup banyaknya informasi dari bahan bacaan yang didapatkan membuat kamu tak mudah terserang pikun di usia dini. Bahan bacaan juga beragam tak harus yang sarat akan nilai edukasi, melainkan bisa dicoba dengan hal-hal yang menyenangkan seperti diantaranya adalah buku novel.

Mayoritas remaja yang menyukai jenis bacaan ringan semacam ini, daya imajinasi juga lebih terbentuk dengan sering membaca buku-buku berbau fiksi. Dengan keberadaan teknologi kamu bahkan tak harus membaca dalam bentuk buku langsung, melainkan sudah ada teknologi terbaru yang dinamainya sebagai e-book atau buku elektronik, memungkinkan kamu untuk membawa kemanapun bahan bacaan lewat satu perangkat elektronik. Daya simpannya besar dengan kenyamanan dalam menggunakan.

buku novel

Buku novel dalam bentuk e-book ini menawarkan beberapa keuntungan bagi kamu, hanya saja juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaan yang sehat, karena mata jika terlalu sering terpapar gadget yang mengeluarkan sinar radiasi tentu lama kelamaan berpotensi menyebabkan masalah. Untuk lebih jelas bagaimana penggunaan yang benar, simak informasi berikut ini, yaitu:

Baca juga: Sebenarnya, Apa Manfaat Buku Anak Bagi Perkembangannya


1. Sebaiknya tentukan jarak aman, paling tidak lebih dari 30 cm. Dengan jarak tersebut sinar dari gadget yang masuk ke mata juga tak berlebihan. Jarak aman ini memungkinkan mata Anda tetap sehat meskipun pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

2. Pastikan mode pencahayaan dalam kondisi yang sangat redup, tentunya menyesuaikan dengan kondisi ruangan juga agar otot mata tak dipaksa untuk berkontraksi terlalu lama, otot yang kendur nantinya menyebabkan mata menjadi minus.

3. Sebaiknya hindari menggunakan perangkat tersebut untuk membaca lebih dari 3 jam, jika memang kamu menginginkan intensitas membaca yang lebih tinggi, maka tiap 1 jam sekali istirahatkan mata terlebih dahulu. ini bisa membuatnya lebih sehat, mata yang lelah juga dapat kamu obati menggunakan cairan khusus.

4. Sesekali pandangnya sesuatu yang berwarna hijau, warna ini terbukti dapat membuat mata Anda nampak lebih segar kembali. Kamu bisa menaruh beberapa jenis tanaman hijau di dalam kamar untuk lebih mudahnya.

5. Gadget yang sudah mulai panas sebaiknya kamu istirahatkan juga, kian lama dipakai ia akan mengeluarkan sinar radiasi yang tinggi, inilah yang berbahaya bagi sel-sel tubuh kamu, dan jangan gunakan selagi ia di charger.

6. Sebaiknya membaca dalam posisi yang benar, jangan tiduran karena menyebabkan jarak tidak stabil, lakukan dengan posisi duduk santai.

7. Kamu bisa menggunakan kaca mata khusus pada saat membaca, bisa dengan kacamata anti radiasi, ini juga cara aman untuk mencegah mata lelah.

8. Jangan membaca dalam kendaraan yang bergerak, kondisi ini kurang stabil sehingga menyebabkan mata juga tak sehat.

Itulah setidaknya 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat mata tetap sehat meskipun sering membaca perangkat gadget. Namun jika kamu memang merasa kurang nyaman pilihlah buku novel secara langsung, bahan cetakan yang satu ini jauh lebih aman digunakan, mudah penyimpanan bahkan bisa kamu jadikan sebagai koleksi hingga mata tua nanti.
Judul : Tips Sehat Membaca Buku Novel Versi E-Book untuk Mata Anda
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.



sebats.com