Seputar Cara adalah blog khusus membahas tips trik ataupun cara efektif mulai dari kesehatan, kecantikan alami, wisata, keuangan, bisnis, traveling dan lainnya


Senin, 24 Oktober 2016

Pentingnya Mengetahui Ragam Jenis CCTV

Jangan salah dalam membeli CCTV, ketahui jenis-jenis security camera yang tepat kemudian pilihlah security camera yang sesuai dengan lingkungan sekaligus kebutuhan Anda. Secara garis besar security camera berdasarkan pada sistemnya dibagi ke dalam 2 jenis yaitu security camera analog serta ip camera. Untuk perbedaan security camera dan ip camera sendiri terletak pada bentuk fisik dan kegunaan camera tersebut. Selain itu dikenal juga beberapa jenis security camera semacam dome camera, box camera, bullet camera, PTZ camera dan masih banyak lagi. Setiap jenis-jenis security camera tersebut tentunya mempunyai spesifikasi maupun fitur yang berbeda. Berikut ialah beberapa contohnya.

CCTV

PTZ camera

PTZ sebenarnya merupakan singkatan Pan Tilt Zoom. Dimana pan kebisaan kamera untuk dapat bergerak ke kiri serta ke kanan, sementara tilt kebisaan kamera dapat bergerak ke atas dan juga ke bawah dan untuk zoom kebisaan kamera untuk memperbesar gambar sampai beberapa kali lipat. Sehingga jenis kamera PTZ umumnya lebih digunakan untuk memantau wilayah yang luas dengan hanya menggunakan 1 kamera, ini lebih memudahkan pengawas security camera atau CCTV untuk dapat memonitoring seluruh area dengan menggunakan 1 kamera. Alasannya karena PTZ camera dapat berputar secara otomatis maupun manual yang digerakkan melalui controller.

Dome camera

Dengan mengadopsi nama dome sebab bentuknya yang mirip kubah (dalam bahasa Inggris ), tujuannya agar arah dari security camera tidak terlihat ataupun tersembunyi tapi terlihat secara kasat mata. Dome kamera yang umumnya dijual merupakan tipe fix camera yaitu jenis kamera yang hanya mengarah ke 1 arah, namun jenis dome kamera juga ada yang dapat berputar dengan cepat “speed dome“. Harga security camera pun relatif jauh lebih mahal jika dibandingkan tipe dome fix camera.

Bullet camera

Jenis security camera ini umumnya lebih digunakan pada ruangan (indoor cam), namun biasanya juga digunakan diluar ruangan (outdoor cam) tentunya salah satu standard yang harus dipenuhi oleh jenis security camera ini salah satunya harus tahan air. Bullet kamera lebih tepat dipasang di bagian dinding ataupun langit-langit bangunan. Kamera pengawas dengan jenis ini juga tidak dirancang untuk memiliki pan, tilt maupun zoom control, sebab merupakan jenis kamera tipe fix dengan tujuan menangkap gambar dari area yang tetap.

Box camera

Mempunyai kebisaan zoom dengan penempatan pemasangan pada bidang vertikal, kekurangan kamera jenis ini membutuhkan pencahayaan untuk dapat menangkap gambar dengan terang. Dapat menggunakan infrared dengan alat tambahan serta penggunaan lensa infrared pada kamera ini dan akan lebih baik lagi ketika box camera dilengkapi dengan housing kamera terlebih lagi masih dalam jangkauan tangan. Hal ini untuk membantu kinerja CCTV box camera ini.
Judul : Pentingnya Mengetahui Ragam Jenis CCTV
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.



sebats.com